SEKILAS INFO
  • 4 bulan yang lalu / “Obatilah orang-orang sakit kalian dengan bersedekah.”
WAKTU :

5 Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Terbit 29 Mei 2023 | Oleh : Admin Baitul Hikmah | Kategori : Uncategorized
5 Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Keutamaan orang yang berkurban di Hari Raya iduladha sangat banyak. Oleh karena itu, apabila mampu, umat Islam disunahkan untuk melaksanakan ibadah kurban.

Ibadah kurban adalah salah satu ibadah pemeluk agama Islam, dengan melakukan penyembelihan hewan ternak untuk dipersembahkan kepada Allah.

Menurut Imam Malik dan Imam al-Syafi’i, hukum berkurban adalah sunah muakad atau sunah yang dikuatkan. Namun Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa hukum berkurban adalah wajib bagi yang mampu dan tidak dalam keadaan safar (bepergian).

Berikut keutamaan berkurban seperti yang disampaikan Rasulullah SAW:

  1. Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT
    Berkurban di Hari Raya Iduladha adalah salah satu amalan yang paling disukai Allah SWT sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh al-Tarmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Aisyah menuturkan dari Rasulullah Shallallâhu Alaihi Wasallam bahwa beliau bersabda: Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya,” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)
  2. Mendapat Pahala Berbagi
    Orang yang berkurban dan dilaksanakan dengan ikhlas semata-mata demi ridha Allah SWT juga akan diberikan pahala berlipat-lipat. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Bahwasanya para sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam: “Apakah kurban-kurban ini? Beliau menjawab: “Sunnah bapak kamu sekalian, Ibrahim ‘alaihissalaam”. . Sahabat bertanya: “Pahala apa yang kami dapatkan darinya? Rasulullah menjawab: “Setiap tetes darah satu kebaikan”.
  3. Kendaraan di Hari Kiamat
    Keutamaan berkurban lainnya menurut Abul Ala al-Mubarakfuri yakni akan datang pada hari kiamat nanti. Hewan yang dikurbankan akan mendatangi orang yang menyembelihnya dalam keadaan utuh seperti di dunia, setiap anggotanya tidak ada yang kurang sedikit pun dan semuanya akan menjadi nilai. Kemudian hewan tersebut digambarkan secara metaforis akan menjadi kendaraan untuk berjalan melewati shirath.
  4. Menghilangkan Sikap Egois
    Berkurban juga berarti menghilangkan sikap egoisme, nafsu serakah, dan sifat individual dalam diri seorang Muslim. Pasalnya, seorang yang berkurban akan menyisakan pendapatannya untuk membeli hewan kurban semata-mata untuk Allah SWT. Nantinya, hewan kurban itu akan disembeli dan dagingnya akan dibagikan ke muslim lainnya yang selama ini berkekurangan.
  5. Mendapat Ridha Allah SWT
    Berkurban di Hari Raya Iduladha juga berarti mengorbankan segalanya (jiwa, harta, dan keluarga) hanya untuk Allah SWT. Oleh karena itu, pada hakikatnya, yang diterima Allah dari ibadah kurban itu bukanlah daging atau darah hewan yang dikurbankan, melainkan ketakwaan dan ketulusan. Dan sebab itulah Allah SWT akan memberikan ridhanya bagi mereka yang berkuban tanpa pamrih, ikhlas dan tulus.
SebelumnyaYayasan Baitul Hikmah Peduli, Bantu Bencana Gempa Kabupaten Cianjur SesudahnyaSedekah Menyembuhkan Penyakit?

Berita Lainnya

0 Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.